Posted by : Al Yossef Minggu, 09 November 2014

Internet memiliki peranan besar dalam hidup manusia. Browsing, mencari info, bermain game, dan chatting di sosial media, semua dilakukan menggunakan koneksi internet. Teknologi ini sudah tidak bisa terpisahkan dengan kegiatan kita sehari-hari.

Dulu, kita hanya bisa mengakses internet secara terbatas menggunakan PC atau laptop. Untuk yang tidak mempunyai jaringan internet, biasa pergi ke kafe atau numpang wifi gratis di mall. Namun sekarang ada berbagai modem dan alat yang dapat menghubungkan kita ke teknologi tersebut selama 24 jam. Salah satu yang praktis dan dimiliki hampir semua orang adalah smartphone dengan OS Android, harga handphone ini terbilang menengah, tidak kemahalan tidak kemurahan, selain itu
Mudah dibawa, multifungsi. Tapi apa jadinya bila berselancar di dunia maya harus dibatasi dengan kuota? Ya, untuk bisa mengakses internet, kita harus berlangganan terlebih dulu pada operator selular yang kita pakai. Terlalu asyik berada di dunia maya terkadang membuat kita ‘lupa diri’, sehingga tidak sadar bahwa kuota yang kita pakai sudah habis sebelum masa aktifnya berlalu.

Kejadian tersebut dapat dicegah jika Anda mau. Tak perlu jadi ahli untuk memotong data yang dikonsumsi, Anda bisa menjalankan 4 Trik Mudah Menghemat Kuota Internet Smartphone Android seperti yang tertera di bawah ini:

1. Gunakan Resolusi Rendah untuk Streaming Video
Untuk Anda yang gemar menonton video di YouTube, pastikan kualitas video berada pada SD. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi YouTube dan pergi ke Settings > General dan aktifkan pilihan “Limit mobile data usage” yang artinya membatasi penggunaan mobile data.

2. Pilih Browser Irit Bandwith
Dengan banyaknya browser yang bertebaran, Anda bisa menggunakan Opera Mini untuk menghemat kuota Anda, mengapa? Ada alasan mengapa browser yang satu ini memiliki tambahan ‘mini’ pada namanya. Tidak hanya ukuran aplikasinya yang mini, ia pun dapat meminimalisir konsumsi data internet selama pengguna berselancar di Internet lewat aplikasi ini. Opera Mini diklaim dapat menyimpan hingga 90 persen data pengguna.

3. Aktifkan Kompresi Data
Jika Anda lebih suka menggunakan Google Chrome untuk menjelajahi halaman internet, bersyukurlah karena aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kompresi data yang dapat mengurangi konsumsi data ketika browsing. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Chrome kemudian pergi ke Settings > Bandwidth Management > Reduce Data Usage. Efek samping dari metode ini adalah rendahnya kualitas gambar yang ditampilkan selama Anda menjelajahi dunia maya.

4. Matikan Koneksi Internet Saat Tidak Digunakan
Meskipun tidak digunakan, smartphone Android Anda akan tetap mengonsumsi data. Hal ini dilakukan agar aplikasi terus dapat menerima update informasi dan konten. Di waktu-waktu Anda bekerja, tidak mungkin rasanya mematikan koneksi Internet. Namun, Anda dapat melakukan hal tersebut di malam hari ketika Anda tidur. Nilai tambahnya, mematikan koneksi Internet pun dapat mempercepat pengisian daya perangkat. Efek sampingnya, Anda tidak akan menerima notifikasi email atau media sosial.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Artikel Populr

- Copyright © IntipsHandphone - Informasi Harga HP Review Tips dan Trik Gadget -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -